Pengaruh Model Cooperative Script Berbantuan Media Literacy Cloud terhadap Keterampilan Menyimak Peserta Didik di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
cooperative script model, listening skills, literacy cloudAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative script berbantuan media literacy cloud dalam meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik di Kelas IV SDN 068 Sindanglaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen semu atau quasi-experiment dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SDN 068 Sindanglaya Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas IV sebanyak 56 orang, yang terdiri dari 28 orang di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 28 orang di kelas IVB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang digunakan, ditemukan bahwa penerapan model cooperative script berbantuan media literacy cloud memiliki pengaruh yang besar terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Hal ini terbukti pada pretest kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata keterampilan menyimak sebesar 33,93, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 31,79. Kemudian meningkat pada posttest di kelas eksperimen menjadi 77,5 sedangkan kelas kontrol hanya mendapatkan 56,07. Selain itu, hasil uji effect size menunjukkan bahwa model cooperative script berbantuan media literacy cloud memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak dengan nilai 1,27. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa keterampilan menyimak peserta didik dapat ditingkatkan dengan model cooperative script berbantuan media literacy cloud.