PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS 4A

Penulis

  • Fariza Sauqi Mahmada Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Pendidikan Pancasila, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV A SDN Palebon 03 pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dengan model pembelajaran problem based learning.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, refleksi. Siswa menyelesaikan 69,62% siklus pada siklus I dan 85,74% siklus pada siklus II, sesuai dengan hasil proses pembelajaran. Data yang keluar setiap siklusnya menunjukkan adanya peningkatan. Hasil Mata Pelajaran Pendidikan Kelas IV A Pancasila SDN Palebon 03 dengan model project based learning terbukti lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31