KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LEBAKSIU KIDUL 01 TEGAL

Penulis

  • Lolyta Anggriani Universitas PGRI Semarang

Kata Kunci:

pembelajaran Project Based Learning (PBL), hasil belajar, efektif

Abstrak

Pembelajaran di kelas IV SD Negeri Lebaksiu Kidul 01 Tegal masih berpusat pada guru (Teacher Centered) sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran karena guru hanya menjadi pusat pembelajaran didalam kelas. Hasil observasi juga diperoleh data terkait hasil belajar siswa kelas IV masih rendah. Diperoleh bahwa siswa yang memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai 75 ada sebanyak 16 siswa. Sedangkan sebanyak 15 siswa lainnya belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui model pembelajaran project based learning efektif terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri Lebaksiu Kidul 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.; (2) Mengetahui keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar  Tematik  Pada  Siswa  Kelas  IV  SD  Negeri  Lebaksiu  Kidul  01 Kecamatan Lebakisu Kabupaten Tegal. Keefektifan model pembelajaran Project Based Learning dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Lebaksiu Kidul 01 Tegal sehingga pembelajaran dapat mencapai hasil yang memuaskan dan maksimal. Penelitian ini dibagi menjadi dua variabel yaitu variable X adalah model pembelajaran Project Based Learning dan variable Y hasil belajar. Hasil belajar kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 01 Tegal kemudian akan dibandingkan dengan rumus uji normalitas untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan tes sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lebaksiu Kidul  01  yang  terdiri  dari  1  kelas  yang  berjumlah  31 Siswa.  Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh yaitu penentuan sampel apabila anggota populasi digunakan sebagai sampel, sedangkan sampel penelitian mengambil total sampel sebanyak 31 siswa kelas IV di SD Negeri Lebaksiu Kidul 01. Instrumen yang digunakan berupa tes dan rubrik observasi. Validitas instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas. Validitas penelitian dilakukan dengan menggunakan validitas internal dan eksternal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Uji t.  Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Model pembelajaran project based learning efektif terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri Lebaksiu Kidul 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan pretest hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 6,58 dan kelas kontrol dengan  nilai  6,06. Posttest hasil  belajar siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 7,97 dan kelas kontrol dengan nilai 6,73; (2) Keefektifan model project based learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri Lebaksiu Kidul 01 Kecamatan Lebakisu Kabupaten Tegal dibuktikan dengan hasil skor gain hasil belajar siswa kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata gain  sebesar  0,38  dan  skor  gain  hasil  belajar  siswa  kelas  kontrol termasuk dalam kategori rendah dengan skor rata-rata gain sebesar 0,04 dari nilai maksimal sebesar 1,00. Serta dibuktikan dari uji t independent t-test dengan nilai thitung sebesar 2,777 dengan signifikansi 0,017 (lebih kecil dari 0,05).

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01