IMPLEMENTASI PROGRAM PRASIAGA DI PAUD SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR PROFIL PANCASILA SEJAK DINI
Kata Kunci:
Prasiaga, PAUD, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Anak Usia DiniAbstrak
Studi ini bertujuan menelaah penerapan program Prasiaga di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai strategi pembentukan karakter peserta didik yang selaras dengan profil Pancasila sejak masa awal perkembangan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui kajian pustaka. Metode ini dipilih untuk memperoleh wawasan komprehensif mengenai pelaksanaan program Prasiaga di PAUD serta pengaruhnya terhadap pembentukan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penerapan program Prasiaga di PAUD terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan membentuk sifat-sifat positif pada anak usia dini. Aktivitas Prasiaga yang dimasukkan ke dalam kurikulum PAUD berhasil mengembangkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu: memiliki keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan budi pekerti luhur, berwawasan global, memiliki jiwa gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Tantangan utama dalam implementasi meliputi keterbatasan sumber daya manusia terlatih dan sarana prasarana pendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program Prasiaga di PAUD merupakan alternatif yang efektif untuk pendidikan karakter berbasis Pancasila. Rekomendasi yang diajukan mencakup perlunya dukungan kebijakan untuk mengintegrasikan program Prasiaga ke dalam kurikulum PAUD secara nasional, peningkatan kompetensi pendidik PAUD dalam mengelola kegiatan Prasiaga, serta penguatan kolaborasi antara lembaga PAUD, Gerakan Pramuka, dan orang tua.