PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA : TINJAUAN TERHADAP PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN KREATIF
Kata Kunci:
pengelolaan pembelajaran musik, peran guru, fasilitator kreatif, social emotional learning (SEL), pendidikan musik SMPAbstrak
Pengelolaan pembelajaran seni musik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) memegang peran penting dalam mengembangkan kemampuan musikal dan kreativitas siswa. Peran guru sebagai fasilitator pembelajaran kreatif sangat menentukan dalam menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan efektif. Pendekatan kreatif dalam pengajaran musik, seperti penggunaan teknologi informasi dan penerapan teori pembelajaran sosial-emosional (social emotional learning atau SEL), dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, serta mendukung perkembangan sosial dan emosional mereka. Penelitian ini menggunakan metode library research yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber pustaka yang relevan dengan topik pengelolaan pembelajaran seni musik dan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran kreatif. Data dikumpulkan dari jurnal akademik, buku, artikel, dan sumber ilmiah lainnya yang membahas kreativitas dalam pendidikan musik, strategi pengajaran kreatif, serta penerapan teori pembelajaran dalam konteks pendidikan musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator pembelajaran kreatif sangat penting dalam mendukung keterlibatan dan motivasi siswa. Pendekatan kreatif dalam pengajaran musik, termasuk penggunaan teknologi informasi dan penerapan SEL, terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran musik. Guru yang mampu memahami dan merespons kebutuhan sosial dan emosional siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan mendukung perkembangan holistik siswa, baik dari segi musikal maupun sosial-emosional.