PENGARUH PENGGUNAAN FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN NGARIBOYO 4

Penulis

  • Fajar Alma Rinaldi Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Endang Sri Maruti Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Ruvliana Universitas PGRI Madiun

Kata Kunci:

Kepraktisan Media, Mata Pelajaran IPA, Kelas V Sekolah Dasar

Abstrak

Media pembelajaran Flipbook yang ditinjau dari kevalidan dan juga kepraktisan media pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan 13 siswa kelas V SDN Ngariboyo 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi (baik media dan juga materi) serta lembar angket peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data validasi serta teknik analisis data angket. Dalam hal ini hasil penelitian menunjukkan kevalidan media dengan presentase 97,6 %, kevalidan materi 87%, serta hasil angket peserta didik dan guru dengan perolehan rata-rata 91%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi sistem pernapasan kelas V sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20