PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MATHQUEST (MATHEMATIC ADVENTURE QUEST) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 02 GAJAH

Penulis

  • Sahira Dina Nur Fitria Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Endang Sri Maruti Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Ruvliana Universitas PGRI Madiun

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Game, Matquest, Motivation for Learning Mathematics

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas pembelajaran berbasis game, khususnya MathQuest, dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pendidikan matematika di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika dengan mengeksplorasi potensi MATHQUEST: Mathematic Adventure Quest. Studi ini berfokus pada menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Dengan menyelidiki dampak pembelajaran berbasis game, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan berharga tentang metodologi pengajaran inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman dan hasil belajar siswa dalam matematika. Temuan dari penelitian ini tidak hanya akan memberikan kontribusi pada pengetahuan yang ada dalam pendidikan matematika, tetapi juga memberikan implikasi praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan menarik. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan menyenangkan yang dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam matematika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20