IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Tuti Sintia Mistia Wati Universitas Pelita Bangsa
  • Putri Mardiana Universitas pelita bangsa
  • Sarah Universitas Pelita Bangsa
  • Indri Universitas Pelita Bangsa
  • Yulia Elfrida Yanty Siregar Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Implementasi Pembelajaran, Meningkatkan Keaktifan Belajar, Sekolah Dasar, Learning Implementation, Increasing Learning Activeness, Elementary School

Abstrak

Pembelajaran terpadu di sekolah dasar merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dalam satu rangkaian kegiatan pembelajaran. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh dan kontekstual kepada siswa, sehingga mereka dapat mengaitkan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dengan pembelajaran terpadu, siswa diharapkan dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dan keterampilan berpikir yang lebih kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran terpadu untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di sekolah dasar. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode tinjauan literature sistematis dimana data bersumber dari berbagai macam jurnal lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non-tes yaitu menelusuri jurnal elektronik melalui Google scholar. Dari hasil pencarian ada 10 artikel ilmiah dengan batasan publikasi 5 tahun terakhir. Sehingga penerapan pembelajaran terpadu di sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Integrated learning in elementary schools is a learning approach that integrates various subjects in one series of learning activities. This approach aims to provide students with a more comprehensive and contextual understanding, so that they can relate concepts from various subjects to everyday life. With integrated learning, students are expected to develop deeper understanding and more complex thinking skills. The aim of this research is to determine the implementation of integrated learning to increase student learning activity in elementary schools. In collecting data, this research used a systematic literature review method where data was sourced from various other journals. The data collection technique used is a non-test technique, namely searching electronic journals via Google Scholar. From the search results there were 10 scientific articles with a publication limit of the last 5 years. So that the implementation of integrated learning in elementary schools can improve student activities and learning outcomes in elementary schools.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20