RAGAM BAHASA GAME ONLINE, POPULER PLAYER MOBILE LEGENDS DALAM KAJIAN SOSIOLINGUISTIK TEORI INTERAKSIONALISME SIMBOLIK

Penulis

  • Salsa Billa Putri Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah Universitas PGRI Palembang
  • Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang

Kata Kunci:

Ragam bahasa, kajian sosiolinguistik, Interaksionalisme simbolik, game online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa pada komunitas ragam bahasa game online, populer player Mobile Legends dalam kajian sosiolinguistik menurut teori interaksionalisme simbolik yang digunakan oleh pemain. Di Lemabang Rt 25 Rw 05 di kecamatan 3 ilir palembang. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Subyek pada penelitian ini ada lima orang yakni ( WD), (Ptrikk),(Winx),(Cici cute),(SBP). Teknik analisis data yaitu mengguankan teknik observasi, wawancara, rekam, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ragam bahasa game di indonesia memiliki 3 bentuk bahasa, yaitu : berupa frasa, berupa kata, berupa abreviasi. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan ragam bahasa game yaitu : faktor kontak bahasa, faktor kebiasaan, faktor kepraktisan berbahasa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20