IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU MODEL SEQUENCED MELALUI STRATEGI DEEP THINKING SKILL UNTUK PENGEMBANGAN KOSAKATA PADA ANAK SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Wiwi Nurjanah Universitas Pelita Bangsa
  • Nanda Syaharotulo Ajizah Universitas Pelita Bangsa
  • Anggi Lailatul Ilma Universitas Pelita Bangsa
  • Freisha Sastra Nur Fadhilah Universitas Pelita Bangsa
  • Yulia Elfrida Yanty Siregar Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Pembelajaran Terpadu, Model Sequenced, Deep Thinking Skill, Kosakata, Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran terpadu model sequenced melalui strategi deep thinking skill untuk mengembangkan kosakata dan pemahaman pada anak kelas 1 SD. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini bersifat kualitatif, yang analisisnya dilakukan secara terus menerus selama proses tindakan melalui wawancara dan hasil catatan lapangan selama penelitian. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 1 sejumlah 25 siswa SDIT Al-Ichwan yang telah berusia 7 tahun. Penelitian ini di latar belakangi karena adanya permasalahan kurangnya pengetahuan dan pemahaman kosakata pada anak kelas 1 di SDIT Al-Ichwan. Hal ini terlihat pada aspek kognitif kemampuan pemahaman kosakata anak masih tergolong sedikit. Pada aspek ini, anak-anak masih belum bisa mengembangkan kemampuan kosakata mereka. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang ditunjukkan pada bertambahnya jumlah kosakata dasar dan pemahaman mengenai perilaku baik yang terkait dengan nilai-nilai damai. Untuk mengatasi agar hal tersebut dapat terlaksana dengan baik, maka guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik, praktis, komunikatif, mudah dipahami, kontekstual, dan juga harus sesuai. Model sequenced ini diharapkan menjadi salah satu inovasi untuk guru sekolah dasar dalam meningkatkan pengembangan kosakata anak di sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20