PENGARUH INTERNET OF THINGS (IOT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD KATOLIK 1 SANTA MARGARETHA MARIA ALACOQUE WOLOAN
Kata Kunci:
Internet of Things (IoT), Teknologi Pendidikan, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Di era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat dan telah merasuk ke berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi teknologi yang semakin mendapat perhatian adalah Internet of Things (IoT), yang menghubungkan perangkat fisik melalui internet, memungkinkan pengumpulan dan pertukaran data secara real-time. Implementasi IoT dalam pendidikan berpotensi meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan IoT terhadap hasil belajar siswa di SD Katolik 1 Santa Margaretha Maria Alacoque Woloan. Penelitian ini menggunakan observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis hasil evaluasi belajar siswa untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai efektivitas IoT dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Hasil menunjukkan bahwa IoT berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, Namun, untuk memaksimalkan potensi ini, diperlukan pelatihan lebih lanjut bagi guru dan siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman peran IoT dalam pendidikan dan menawarkan rekomendasi untuk integrasinya guna meningkatkan hasil belajar.