PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN METODE ATM PADA KELAS IV SD NEGERI SUKOWETAN
Kata Kunci:
Metode ATM, Membaca Puisi, Siswa SDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa menggunakan metode ATM di SD Negeri Sukowetan. Tahapan dalam penelitian iini (a) Guru menampilkan contoh video pembacaan puisi, (b) siswa memperhatikan dan mengamati contoh video pembacaan puisi tentang keindahan alam,(c) siswa mengidentifikasi intonasi, volume suara, mimik dan kinesik dari video pembacaan puisi, (d) guru mengarahkan siswa agar mampu menampilkan ciri khasnya dalam membaca puisi, (e) guru menyuruh siswa untuk membacakan puisi yang telah diamati dalam sebuah video dan menirukan dengan ciri khas mereka masing-masing yang telah dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas SDN sukowetan dengan KMM 75. Pada keterlaksanan pembelajaran siklus I medapat rata-rata 71,8% sedangkan siklus II mendapatkan rata-rata 90,62%. Mengalami kenaikan 18,75%. Kemudian pada rata-rata nilai tiap tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 62 pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 73. Ada peningkatan nilai rata-rata siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 11. Selanjutnya, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 82,3, atau mengalami peningkatan sebesar 9,7. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 30,3.