Hubungan antara Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XII MAS Terpadu Guguak Randah

Penulis

  • Ririn Aryani UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Haida Fitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rusdi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Kemampuan numerik, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara di MAS Terpadu Guguak Randah, dari hasil observasi dan wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis beberapa siswa masih rendah. Dimana penyebab rendahnya pemecahan masalah siswa tersebut diduga karena rendahnya kemampuan numerik yang dimiliki oleh siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Adakah hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas XII MAS Terpadu Guguak Randah. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan korelasional dengan sifat Ex Post Facto, dengan populasi berjumlah 28 orang siswa, karena sampel diambil dengan menggunakan metode sampel jenuh maka semua populasi dijadikan sampel, Teknik pengumpulan data adalah dengan tes kemampuan numerik dengan 6 indikator, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan 4 indikator.Berdasarkan analisis data untuk kemampuan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu , Serta nilai koefisien korelasi  dan koefisien determinan 25,20%. Jadi dapat diartikan bawa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII di MAS Terpadu Guguak Randah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-01