ANALISIS KESULITAN PENGOLAHAN DATA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD

Penulis

  • Putri Rahmadani Harahap Universitas Negeri Medan
  • Maria Febrina Sianturi Universitas Negeri Medan
  • Syahnas Mayla Nisa Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar, STAD, Hasil Belajar Kooperatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Analisis Kesulitan Mengolah Data Pada Siswa Kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek  dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang ada di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe students teams Achievement Divisions (STAD). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kesulitan mengolah data  pada siswa kelas V ini sudah banyak yang terlihat seberapa banyak siswa yang mengerti dan mana siswa yang sulit memahami materi pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30