KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI YANG UNGGUL DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Penulis

  • Afiatus Solihan Uin Kh. Achmad Shiddiq Jember
  • Nafirotul Hasanah Uin Kh. Achmad Shiddiq Jember
  • Anisya Nadila Salsabila Ervani Uin Kh. Achmad Shiddiq Jember
  • Mu’alimin Uin Kh. Achmad Shiddiq Jember

Kata Kunci:

Kepemimpinan Visioner, Budaya Organisasi, Lembaga Pendidikan, Visionary Leadership, Organizational Culture, Educational Institutions

Abstrak

Jurnal ini membahas tentang peran kepemimpinan visioner dalam membangun budaya organisasi yang unggul di lembaga pendidikan. Kepemimpinan visioner didefinisikan sebagai kepemimpinan yang mampu mengartikulasikan visi yang jelas dan menginspirasi, memotivasi, dan memberdayakan anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Budaya organisasi yang unggul didefinisikan sebagai budaya yang mendukung pencapaian tujuan organisasi, di mana anggotanya merasa dihargai, dihormati, dan terlibat dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan yaitu literature review atau kajian pustaka. Hasil jurnal menunjukkan bahwa menjadi pemimpin bukan hanya menguasai kemampuan dan ketrampilan untuk memimpin tetapi juga memimpin dengan menanamkan nilai-nilai moral di dalam sistem pendidikan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembagan zaman. Untuk itu perlu pemimpin yang memiliki visi yang kuat untuk maju kedepan. Visi yang kuat membutuhkan strategi seperti fokus pada tujuan organisasi, mengetahui perubahan kebutuhan, rencana jangka panjang dan mengembangkan visi bagi masa depan organisasi. Pemimpin visioner harus mampu mengantisipasi segala kejadian yang mungkin timbul, mengelola masa depan dan mendorong orang lain untuk berbuat dengan cara-cara yang tepat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30