Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Make a Match Kelas V SDN 06 Pasar Ambacang Kota Padang

Penulis

  • Windy Yulma Anisa Universitas Negeri Padang
  • Farida Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

kooperatif tipe make a match, peningkatan hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu

Abstrak

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, guru tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik seperti melalui permainan. Hal ini disebabkan oleh guru dalam pembelajaran hanya fokus terhadap buku siswa dan menerangkan pembelajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 06 Pasar Ambacang Kota Padang.  Penulisan ini merupakan penulisan tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penulisan berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan model kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi dan tes. Subjek penulisan ini adalah guru selaku observer, penulis selaku praktisi, dan siswa kelas V SDN 06 Pasar Ambacang Kota Padang berjumlah 22 orang. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 82,81% (B) dan meningkat 90,63% (SB) pada siklus II. Pada aktifitas guru siklus I dengan rata-rata 79,68% (C) dan meningkat 87,5% (B) pada siklus II. Sedangkan pada aktifitas siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,68% (C) dan meningkat 87,5% (B) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 06 Pasar Ambacang Kota Padang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-01