PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V DI UPT SPF SD INPRES PERUMNAS ANTANG III
Kata Kunci:
Kompetensi Kepribadian Guru, Minat Belajar SiswaAbstrak
Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III yang dibimbing oleh Satriawati, S.Pd., M.Pd, dan Suhardianto, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian bertempat di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang telah dipilih secara acak pada kelas V dengan jumlah keseluruhan sampel yaitu 32 siswa, dan 30 guru di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. Adapun teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data pengambilan sampel menggunakan angket, dengan analisis data menggunakan SPSS 26.0. Hasil analisis deskriptif kompetensi kepribadian guru termasuk dalam kategori baik dengan skor 67.20 , sedangkan minat belajar siswa termasuk dalam kategori baik dengan skor 64.72. Hasil analisis Inferensial menunjukkan bahwa adanya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III dengan nilai sig 0,000 < 0,05.