PENGGUNAAN MEDIA DARI BAHAN ORIGAMI DALAM MEMAHAMI PERBEDAAN ANTARA KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Luas, keliling, origamiAbstrak
Anak-anak usia sekolah dasar, yang umumnya berusia 6-12 tahun, memasuki periode penting dalam perkembangan fisik, kognitif, bahasa, emosi, dan sosial mereka. Dalam konteks pendidikan, penting untuk memberikan stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan ini. Keterampilan motorik halus merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak-anak usia ini. Salah satu metode yang efektif adalah melalui kegiatan origami di kelas, yang dilakukan dengan bimbingan guru. Melalui origami, anak-anak belajar melipat kertas, menggunakan gunting, dan menempelkan gambar. Semua kegiatan ini membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep-konsep matematika seperti keliling dan luas bangun datar. Selain itu, suasana yang menyenangkan dalam kegiatan origami juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, penerapan origami sebagai media pembelajaran dapat menjadi sarana yang efektif dalam memfasilitasi pemahaman konsep matematika seperti perbedaan antara keliling dan luas bangun datar.