JEJAK KECERDASAN BUATAN DALAM PENGERJAAN TUGAS SEKOLAH DI JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

Penulis

  • Ilham Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Kecerdasan Buatan, Siswa, Pembelajaran, Cross-check, Informasi

Abstrak

Kecerdasan buatan telah digunakan dalam berbagai sektor, termasuk dalam pendidikan. Teknologi AI digunakan oleh siswa untuk mempermudah dan mempersingkat waktu pengerjaan yang diperlukan oleh siswa. Penggunaan teknologi AI dalam pendidikan menjadi sesuatu yang sangat menarik karena AI memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana AI telah dimanfaatkan oleh siswa di jenjang pendidikan menengah atas dalam mengerjakan tugas sekolah mereka. Hal yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah bagaimana seberapa banyak siswa yang secara umum memanfaatkan AI untuk mengerjakan tugas sekolah mereka dan bagaimana siswa menggunakan informasi yang diperoleh dari model AI yang mereka gunakan untuk mendapatkan jawaban. Dengan memperhatikan apakah siswa melakukan cross-check dan parafrase terhadap informasi yang diperoleh atau tidak, dapat ditemukan apa efek negatif dari penggunaan kecerdasan buatan tanpa etika. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif.

Artificial intelligence has been used in various sectors, including education. AI technology is used by students to simplify and shorten the amount of time required by students to finish their tasks. The use of AI technology in education is something very interesting since AI has the potential to increase the effectiveness of learning. This research aims to see the extent to which AI has been used by students at the senior secondary education level in carrying out their school assignments. The main focus of this research is to show how many students generally use AI to do their assignments and how students use the information obtained from the AI models they use to get answers. By paying attention to whether students cross-checking and paraphrase the information obtained or not, it can be discovered what the negative effects of using artificial intelligence without ethics are. The data obtained in this research was carried out using descriptive research methods and a qualitative approach.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31