PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM FASE E SMAN 12 PADANG

Penulis

  • Saniyah Maharani Universitas Negeri Padang
  • Ardi Universitas Negeri Padang
  • Helendra Universitas Negeri Padang
  • Helsa Rahmatika Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Kompetensi Pengetahuan

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL). Dimana guru belum melakukan penerapan model Problem Based Learning dengan maksimal karena peserta didik tidak melakukan penyelidikan yang sesuai dengan sintaks pada model PBL dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem fase E SMAN 12 padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu dilihat berdasarkan rata-rata nilai ulangan harian peserta didik yang mendekati dan guru yang mengjar di kelas sama. Sampel pada penelitian ini adalah fase E.8 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan model PBL dan fase E.9 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran langsung. Teknik analisis data, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hasil belajar kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kompetensi penegtahuan kelas eksperimen (75,7) sedangkan kelas kontrol (60,9). Hasil kompetensi sikap pada kelas eksperimen (81,5) sedangkan kelas kontrol (74). Hasil kompetensi keterampilan kelas eksperimen (78,6) sedangkan kelas kontrol (71,3). Hasil uji hipotesis penelitian dilihat dari nilai signifikansi 2-tailed <0,05 yaitu 0,000 untuk kompetensi pengetahuan, 0,001 kompetensi sikap, dan 0,007 kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif model PBL terhadap hasil belajar peserta didik Fase E SMAN 12 Padang pada materi ekosistem.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31