PERAN ALAT UKUR DALAM EVALUASI DAN PENINGKATAN LAYANAN KONSELING SEKOLAH

Penulis

  • Yulianti Universitas Jambi
  • Dimas Adynata Universitas Jambi
  • Farhan Mumtaz Habibi Universitas Jambi
  • Inda Novita Sari Universitas Jambi
  • Salsa Manosa Universitas Jambi
  • Pramudia Ibra Pratama Universitas Jambi

Kata Kunci:

Alat Ukur, Layanan Konseling, Sekolah

Abstrak

Evaluasi dan peningkatan layanan konseling sekolah merupakan aspek penting dalam memastikan bahwa siswa menerima dukungan yang sesuai untuk perkembangan dan kesejahteraan mereka. Penggunaan alat ukur telah menjadi praktik umum dalam proses ini untuk mengumpulkan data yang terukur dan obyektif tentang efektivitas layanan konseling serta memfasilitasi perbaikan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran dan pentingnya alat ukur dalam evaluasi dan peningkatan layanan konseling sekolah, dengan fokus utama pada bagaimana penggunaan alat ukur dapat membantu konselor dalam mengukur efektivitas layanan konseling, mengidentifikasi kebutuhan siswa, merencanakan intervensi yang sesuai, dan meningkatkan akuntabilitas layanan konseling. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan melakukan tinjauan literatur terhadap studi-studi terkait, artikel jurnal, dan buku-buku yang berkaitan dengan penggunaan alat ukur dalam evaluasi layanan konseling sekolah. Data dikumpulkan melalui analisis sekunder dari sumber-sumber yang relevan dan disintesis untuk menyusun pemahaman yang komprehensif tentang topik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ukur memiliki peran yang krusial dalam evaluasi dan peningkatan layanan konseling sekolah. Penggunaan alat ukur memungkinkan konselor untuk mengumpulkan data yang terukur dan obyektif tentang efektivitas layanan konseling, kebutuhan siswa, dan perubahan yang terjadi selama proses konseling. Dengan menggunakan alat ukur secara tepat, konselor dapat memahami kebutuhan siswa secara holistik, merencanakan intervensi yang sesuai, dan memantau progres siswa selama proses konseling. Penting untuk memilih alat ukur yang sesuai dengan tujuan evaluasi, kebutuhan siswa, dan konteks sekolah, serta menggunakan kombinasi dari beberapa jenis alat ukur untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang efektivitas layanan konseling dan area-area yang memerlukan perbaikan. Dengan demikian, penggunaan alat ukur yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas layanan konseling dan memberikan dukungan yang lebih baik bagi perkembangan dan kesejahteraan siswa di lingkungan sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31