IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR TEMATIK TERPADU PADA SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Hilda Oktaviani Universitas Pelita Bangsa
  • Haura Zain Nur Abidah Universitas Pelita Bangsa
  • Ira Restu Kurnia Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Kemampuan Guru, Pembelajaran Tematik Terpadu, Kesulitan Belajar, Teacher Ability, Integrated Thematic Learning, Difficulty

Abstrak

 

ABSTRAK

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 mengisyaratkan penggunaan pendekatan tematik dalam pembelajaran kelas 1 sampai kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pemahaman guru SD tentang pendekatan tematik, 2) mendapatkan profil kemampuan guru SD dalam melaksanakan pendekatan tematik, dan 3) mengetahui hambatan-hambatan guru dalam mengimplementasikan pendekatan tematik di SD. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas 3 di SDN Sertajaya 05. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konsep guru memahami pendekatan tematik dengan baik, namun pada pelaksanaannya masih belum sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam pendekatan tematik terpadu dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa sebagian guru mengalami kendala dalam mengimplementasikan pendekatan tematik pada proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31