ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Kesulitan Siswa, Materi Pembelajaran, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Matematika adalah disiplin ilmu yang diperkenalkan pada tingkat pendidikan awal, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, dengan fokus pada pengembangan pemahaman konsep dasar dan struktur yang solid. Matematika banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan sistesis literatur terkait dengan bagaimana kesulitan sisa dalam memahami materi matematika di sekolah dasar dapat mempengaruhi kinerja kademik siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan sistematis literatur review (SLR) dengan pendekatan kualitatif, Dimana data dikumpulkan melalui analisis terinci dari semua artikel yang relevan dan terkait dengan subjek yang diteliti. Studi ini menggunakan jurnal online yang diakses melalui database Google Scholar. Berdasarkan hasil peninjauan literatur, ditemukan bahwa pembelajaran matematika memang selalu menjadi hal sulit bagi siswa, Dimana dalam pembelajaran guru sering salah memberikan konsep dasar kepada siswa mulai penjumlahan, pengurangan, perkalian hingga pembagian.
Mathematics is a scientific discipline introduced at early educational levels, from elementary school to college, with a focus on developing a solid understanding of basic concepts and structures. Mathematics is widely used in various areas of life. The aim of this research is to synthesize literature related to how residual difficulties in understanding mathematics material in elementary school can affect students' academic performance. This research was conducted using a systematic literature review (SLR) approach with a qualitative approach, where data was collected through detailed analysis of all relevant articles related to the subject under study. This study uses online journals accessed via the Google Scholar database. Based on the results of a literature review, it was found that learning mathematics is always difficult for students, where in learning teachers often misunderstand basic concepts to students, starting from addition, subtraction, multiplication to division.