PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Riska Arifatul Mabruroh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Kata Kunci:

Predict, Observe, Explain (POE), Hasil Kemampuan Literasi Sains

Abstrak

Desain penelitian dengan tipe quasi eksperimen dan teknik dokumentasi penilaian Post-Test-Control-Group-Design digunakan untuk menggambarkan sampak model POE pada kapasitas literasi sains terkait materi zat, bentuk zat, dan perubahannya di tingkat SD. Siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya dijadikan sebagai subjek dari riset ini. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV-A yang dijadikan sebagai kelompok kontrol dengan model konvensional, sedangkan Kelas IV-B sebagai kelompok eksperimen dengan model POE.Pengumpulan data dilakukan dengan hasil tes literasi sains siswa, kemudian dilakukan analisis statistik deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data. Model POE pada kelas eksperimen menghasilkan rerata prestasi belajar senilai 82,10, sedangkan model konvensional pada kelas kontrol rata-ratanya 78,06. Temuan ini didukung oleh temuan penelitian. Hasil uji hipotesis diperoleh signifikansi 0,037 atau <0,05 dengan memanfaatkan Sumber Data Independen dan statistik pengujian SPSS versi 26 for Windows dan Independent Sample T-Test. Hal ini menunjukkan bahwa model POE mempunyai pengaruh terhadap kapasitas literasi sains siswa pada materi sekolah dasar tentang bentuk materi zat dan perubahannya kelas IV di SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31