IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DIKALANGAN SISWA SMP

Penulis

  • Rosalinda Marbun Universitas Negeri Medan
  • Suci Rahmadani Universitas Negeri Medan
  • Rizky Adelia Arifah L. Tobing Universitas Negeri Medan
  • Putri Novelia Br Barus Universitas Negeri Medan
  • William Sanggam Hutahaean Universitas Negeri Medan
  • Fazli Rachman Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Bullying, Nilai-Nilai Pancasila, Pencegahan, Siswa SMP, Pendidikan Karakter

Abstrak

Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia, mengajarkan pentingnya ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, keadilan.  Oleh karena itu, nilai-nilai Pancasila seharusnya mendorong pemberantasan perilaku yang merugikan seperti bullying yang melanggar hak dan martabat setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya pencegahan bullying di kalangan siswa SMP. Melalui pendidikan, nilai-nilai Pancasila dapat diintegrasikan dalam kurikulum, metode pengajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler untuk membentuk karakter yang sesuai dengan semangat Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyebaran angket/kuesioner kepada 29 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar sekolah telah mengambil langkah-langkah seperti membuat poin pelanggaran, teguran dari guru, pengeluaran siswa, pembuatan poster anti-bullying, seminar dampak bullying, pembentukan tim pengawas, dan kerjasama dengan orang tua dalam upaya pencegahan bullying. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan dapat membantu mengurangi insiden bullying dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila as the ideology and foundation of the Indonesian state, teaches the importance of divinity, humanity, unity, democracy, justice.  Therefore, the values of Pancasila should encourage the eradication of harmful behaviors such as bullying that violate the rights and dignity of every person. This research aims to analyze the implementation of Pancasila values in bullying prevention efforts among junior high school students. Through education, Pancasila values can be integrated in the curriculum, teaching methods, and extracurricular activities to shape character in accordance with the spirit of Pancasila. This study used a qualitative method by distributing questionnaires to 29 respondents. The results showed that most schools have taken steps such as making violation points, reprimands from teachers, expulsion of students, making anti-bullying posters, seminars on the impact of bullying, the formation of a supervisory team, and cooperation with parents in bullying prevention efforts. The implementation of Pancasila values in education can help reduce the incidence of bullying and increase students' awareness of the importance of these values in daily life.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31