KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT PERSPEKTIF SA’ID HAWWA

Penulis

  • Indah Wirahjati Kusumaningrum PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Noviyanti PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Heni Ani Nuraeni Universitas Muhammdiyah Prof. Dr. Hamka

Kata Kunci:

Pendidikan Akhlak, Perspektif, Sa’id Hawwa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui definisi konsep pendidikan akhlak menurut perspektif Sa‟id Hawwa, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research), hasil dari penelitian ini, penulis dapat mengetahui bahwa definisi akhlak menurut Sa‟id Hawwa adalah akhlak-akhlak yang terkandung dalam surah AlQur‟an, dimana kalimat hizbullah (pengikut agama Allah swt) dan sumber utama konsep pendidikan dan akhlak adalah al-Qur‟an dan hadist, hal ini terlihat dari penjelasan-penjelasan yang dikemukakan oleh Sa'id Hawwa yang selalu berlandaskan pada dua sumber tersebut, dengan adanya penelitian ini diharapkan para pembaca bisa mengetahui definisi pendidikan akhlak dari perspektif Sa‟id Hawwa. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31