IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21
Kata Kunci:
kurikulum, kurikulum Merdeka, keterampilan abad 21Abstrak
Implementasi kurikulum yang relevan dengan peningkatan keterampilan abad 21 menjadi fokus perhatian dalam perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peningkatan keterampilan Abad 21 dengan implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini iadalah studi pustaka kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum yang responsif terhadap tuntutan zaman menjadi kunci penting untuk meningkatkan keterampilan peserta didik. Keterampilan abad 21 yang harus dimiliki peserta didik yaitu keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kreatifitas. Keterampilan ini sangat penting dikuasai oleh peserta didik dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman.