PROGRAM P5 KURIKULUM MERDEKA: SOLUSI BAGI PENDIDIK MENGATASI KRISIS MORAL SISWA
Kata Kunci:
Krisis Moral, Program P5, Kurikulum MerdekaAbstrak
Realita maraknya prilaku negatif yang muncul dari kalangan pelajar Indonesia mengakibatkan krisis moral bangsa. Seperti meningkatnya kasus bully, narkoba, LGBT dan pergaulan bebas dikalangan pelajar Indonesia. Krisis moral yang terjadi saat ini perlu diperhatikan secara khusus. Hal ini agar dapat merubah pola prilaku dari arah negatif ke arah yang lebih positif. Program pendidikan yang dirancang pemerintah dapat dijadikan sebagai alat perubahan bagi pendidik. Salah satu program yang bisa dikembangkan adalah program P5 dalam Kurikulum Merdeka. Adaanya kebebasan berivonasi bagi setiap pendidik dalam menerapkan P5 diharapkan mampu memberikan sumbangsih perubahan positif terhadap krisi moral yang terjadi pada siswa. Dengan adanya kebebasan penentuan tema yang akan diajarkan, guru dapat memprioritaskan hal-hal yang dirasa perlu untuk perubahan siswa ke arah yang lebih baik. Ketika pendidik dapat menanamkan nilai-nilai positif kepada siswa melalui program P5 serta mengajak siswa mengembangkan kemampuan dengan memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam program P5 tentu sedikit banyaknya akan membuat perubahan dalam krisis moral yang terjadi saat ini dikalangan siswa. Oleh karena itu peran pendidik sangat berpengaruh terhadap moral siswa di Indonesia.