ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 4 MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SD 6 YANGAPI
Kata Kunci:
Keterampilan BerbicaraAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas empat dengan menggunakan teknik bermain peran. Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan data kuantitatif untuk memberikan gambaran atau penjelasan tentang fenomena atau variabel.. Untuk penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 30 siswa dari kelas 4 SD Negeri 6 Yangapi, terdiri dari 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Karena siswa di kelas empat SD dianggap layak untuk penelitian ini, penelitian ini dilakukan di kelas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode skala likert untuk menganalisis data dan menemukan bahwa kemampuan membaca siswa kelas 4 dapat dikategorikan baik (B) dengan persentase 71%.
The aim of this research was to determine the speaking skills of fourth grade students using role-playing techniques. Quantitative descriptive research uses quantitative data to provide a description or explanation of phenomena or variables. For this research, the sample used was 30 students from class 4 of SD Negeri 6 Yangapi, consisting of 13 female students and 17 male students. Because students in the fourth grade of elementary school were deemed appropriate for this research, this research was conducted in that class. This research uses the Likert scale method to analyze data and finds that the reading ability of grade 4 students can be categorized as good (B) with a percentage of 71%.