PENGARUH METODE EDUTAINMENT TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Farah Annisa Nur Saffana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Kata Kunci:

Metode Edutainment Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah pada proses pembelajaranya. Adapaun rumusan masalahnya adalah adakah pengaruh metode edutainment teams games tournament terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untukĀ  mengetahui pengaruh metode edutainment teams games tournament terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya antara dua variabel. Pada pelaksanaanya dilaksanakan sebanyak 1x pertemuan. Prosedur penelitian meliputi Pretest-Postest Control Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Hang Tuah X Juanda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif hasil perhitungan analisis hipotetsis yang dilaksanakan kelas IV SD Hang Tuah X Juanda Kecamatan Sedati, Kota Sidoarjo sebesar 0,000. Selain uji hipotesis diuji juga dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 4.13 dan kelas eksperimen sebesar 11.65. Maka dari hasil penelitian menunjukan jika metode edutainment teams games tournament saling berpengaruh dalam minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30