KREATIVITAS USAHA HIASAN PENGANTIN

(Studi Kasus Di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir)

Penulis

  • Septi Rahmawati Universitas Sriwijaya
  • Azizah Husin Universitas Sriwijaya
  • Evy Ratna Kartika Waty Universitas Sriwijaya

Kata Kunci:

Kreativitas, Usaha, Hiasan Pengantin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas usaha hiasan pengantin di Desa Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini ada 5 orang pengrajin hiasan pengantin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas dapat dilihat melalui 4P yaitu pribadi: mampu menciptakan ide baru pada hiasan pengantin atas imajiasi sendiri dan berbeda dengan orang lain. Pendorong: memotivasi diri sendiri dengan terus belajar, dorongan dari keluarga dan lingkungan sangatlah berpengaruh terhadap kreativitas para pengrajin hiasan pengantin. Proses: mengikuti kegiatan seperti seminar mengenai hiasan pengantin melalui kegiatan tersebut pengrajin mendapatkan modal, sarana dan prasarana untuk menunjang proses menuju kreatif. Produk: kreativitas tersebut dibuktikan pada produk yang sudah modern dan kekinian, memanfaatkan sosial media untuk promosi ataupun untuk mencari referensi ide baru lainnya sehingga dapat terus meningkatkan kreativitas dalam usahanya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30