EVALUASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PADANG LAWAS
Kata Kunci:
Proyek, Evaluasi, Countanance StakeAbstrak
Evaluasi pendidikan adalah penilaian dalam bidang pendidikan atau penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan, Sementara itu dasar-dasar evaluasi pendidikan atau tolok ukur yang dijadikan landasan serta pijakan untuk menentukan kriteria penilaian kepada mahamahasiswa. Dalam hal ini evaluasi tentang pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Mahamahasiswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata yang dilakukan Mahamahasiswa prodi Pendidikan Teknologi Informasi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah hasil evaluasi pembelajaran berbasis proyek pada mahamahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Padang Lawas. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode evaluasi yang digunakan adalah metode Countanance Stake, yakni mengevaluasi perencanaan, proses, dan hasil. penelitian ini yakni, pembelajaran berbasis proyek telah dilaksanakan pada mahamahasiswa di prodi Pendidikan Teknologi Informasi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Dari temuan tersebut ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek masih memiliki kekurangan dari segi persiapan dan hasil. Dilihat dari aspek persiapan ditemukan kendala berupa penyampaian proyek dari dosen masih kurang jelas dan belum spesifik, sedangkan dari aspek hasil, proyek yang dikerjakan masih terbatas pada artikel atau jurnal yang belum dipublikasikan. Kesimpulan dari penelitian ini berupa pembelajaran berbasis proyek masih perlu perencanaan yang matang agar sesuai dengan hasil atau tujuan yang diharapkan.