PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP NASABAH ATAS TERJADI FRAUD PADA TRANSAKSI BANK DIGITAL

Penulis

  • Lukman Hakim Universitas Jayabaya
  • Wira Franciska Universitas Jayabaya
  • Gatut Hendrotriwidodo Universitas Jayabaya

Kata Kunci:

Perlindungan Hukum Konsumen, Nasabah, Bank Digital

Abstrak

Pembahasan mengenai perlindungan hukum konsumen terhadap nasabah atas terjadi fraud pada transaksi bank digital. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian hukum ini adalah metode pendekatan yuridis normatif yang  didukung  dengan  yuridis empiris dengan merinci uraian  yaitu suatu penelitian yang secara deduktif dimulai analisa terhadap pasal-pasal dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur terhadap permasalahan perlindungan hukum konsumen terhadap nasabah atas terjadi  fraud pada transaksi bank digital.Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) bajwa pelaksanaan pengawasan ini dapat dilihat dari kendala-kendala pengawasan yang dihadapi sehingga tidak memenuhi beberapa faktor efektivitas tersebut.Pengawasan akan dapat secara optimal terlaksana apabila pada dasarnya terdapat kebiasaan taat terhadap aturan dan ketentuan yang berlaku (norma hukum) yang sudah dijadikan kebudayaan sehingga dapat mengoptimalkan kinerja pengawasan. Perlindungan hukum terhadap nasabah apabila terjadinya fraud pada transaksi bank digital bahwa upaya melindungi para nasabah dalam layanan perbankan yang terdiri dari perlindungan atas data yang dikumpulkan, dimanfaatkan atau digunakan untuk keperluan transaksi dari nasabahnya.

Discussion regarding consumer legal protection for customers in the event of fraud in digital bank transactions. The approach method used in this legal research is a normative juridical approach supported by empirical juridical with detailed descriptions, namely research that begins deductively with an analysis of the articles in the laws and regulations that regulate the issue of consumer legal protection for customers in the event of fraud. on digital bank transactions. The Financial Services Authority (POJK) regulations state that the implementation of this supervision can be seen from the supervisory obstacles faced so that it does not meet several effectiveness factors. Supervision will be optimally implemented if basically there is a habit of obeying the rules and regulations stipulated applicable (legal norms) that have become a culture so that they can optimize supervisory performance. Legal protection for customers in the event of fraud in digital bank transactions means that efforts to protect customers in banking services consist of protecting data that is collected, exploited or used for customer transaction purposes.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29