ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT SERAI SERUMPUN KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI

Penulis

  • Ananda Putri Rohima UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Wahyudi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Kata Kunci:

Kualitas, Pelayanan Publik, Quality, Public Service

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik di Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelayanan publik di Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo Provinsi Jambi dan untuk menganalisis upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Camat Serai Serumpun Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan di peroleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, kualitas pelayanan publik di kantor Camat Serai Serumpun berdasarkan aspek prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan sudah cukup baik, hanya saja aspek produk layanan, sarana dan prasarana dan aspek kompetensi dinilai kurang. Kedua, faktor pendukung di kantor Camat Serai Serumpun yaitu semangat yang diberikan antar pegawai, faktor pendukung kedua yaitu adanya kejelasan prosedur pelayanan. Sedangkan faktor penghambat terdapat sarana dan prasarana yang kurang dan jaringan yang tidak stabil. Ketiga, upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor Camat Serai Serumpun dilakukan dengan tiga cara yaitu: meningkatkan kedisiplinan aparat, mempercepat proses pelayanan dan melakukan evaluasi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31