Jurnal Inovasi Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jip id-ID Thu, 30 Oct 2025 21:31:00 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ISLAM DAN EKONOMI DIGITAL: PANDANGAN HISTORIS DAN KONTEMPORER https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3741 <p>eknologi digital telah mengubah cara orang bekerja, berdagang, dan menggunakan barang serta jasa, sehingga muncul perubahan besar dalam sistem ekonomi global, termasuk di dunia Islam. Perubahan ini mengarah pada munculnya konsep baru yang disebut ekonomi digital. Dalam konteks agama Islam, perubahan tersebut membutuhkan penyesuaian terhadap nilai-nilai syariah agar prinsip keadilan, keseimbangan, dan tujuan kebaikan tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pandangan masa lalu dan saat ini mengenai hubungan antara Islam dan ekonomi digital, serta menganalisis bagaimana prinsip ekonomi Islam dapat diterapkan dalam perkembangan teknologi modern. Cara penelitian yang digunakan adalah melalui membaca dan menganalisis berbagai buku, jurnal, serta dokumen yang relevan tentang ekonomi Islam dan digitalisasi. Hasil menunjukkan bahwa ekonomi digital memberikan peluang besar bagi perkembangan ekonomi Islam, terutama lewat inovasi seperti fintech berbasis syariah, bisnis online yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan platform zakat digital. Namun, ada juga tantangan seperti ketidaksesuaian dengan aturan syariah, kurangnya regulasi yang jelas, dan kesadaran masyarakat yang masih rendah. Dalam pandangan Islam, teknologi digital boleh digunakan selama sesuai dengan prinsip syariah dan bermanfaat bagi umat. Karena itu, pengembangan ekonomi digital berbasis Islam perlu diarahkan pada sistem yang jujur, adil, dan bebas dari praktik riba, kesamaran, dan keuntungan yang tidak sah. Dengan begitu, ekonomi digital berbasis Islam bisa menjadi solusi untuk menciptakan sistem ekonomi yang adil dan berkelanjutan di masa kini.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Digital technology has transformed the way people work, trade, and use goods and services, resulting in major changes in the global economic system, including in the Islamic world. This change has led to the emergence of a new concept called the digital economy. In the context of Islam, this change requires adjustments to Sharia values to maintain the principles of justice, balance, and good intentions. This study aims to examine past and current views on the relationship between Islam and the digital economy and analyze how Islamic economic principles can be applied to modern technological developments. The research method used was reading and analyzing various books, journals, and relevant documents on Islamic economics and digitalization. The results show that the digital economy offers significant opportunities for the development of the Islamic economy, particularly through innovations such as Sharia-based fintech, online businesses that align with Islamic values, and digital zakat platforms. However, challenges also arise, such as inconsistencies with Sharia rules, a lack of clear regulations, and low public awareness. From an Islamic perspective, digital technology is permissible as long as it complies with Sharia principles and benefits the community. Therefore, the development of an Islamic-based digital economy needs to be directed toward a system that is honest, fair, and free from usury, opaque practices, and illegitimate profits. In this way, an Islamic-based digital economy can be a solution for creating a just and sustainable economic system today.</em></p> Tri Wulan Ramadani, Salsabila Vearti, Jamilah Tul Jannah, Al Mustaziduddin, Dwi Noviani Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3741 Thu, 30 Oct 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA/I KELAS VII UPT SMP NEGERI 35 MEDAN https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3765 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Sinektik terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-4 SMP Negeri 35 Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimen (One Group Pretest-Posttest Design). Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa yang dipilih secara acak dari populasi 350 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui tes menulis teks deskripsi, yang dilakukan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Sinektik. Aspek penilaian meliputi struktur teks, kesesuaian isi, pilihan kata, ejaan, dan kelancaran kalimat. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample t-test) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa meningkat secara signifikan setelah penerapan model pembelajaran Sinektik. Nilai rata-rata pretest sebesar 63,43 (kategori cukup) meningkat menjadi 84,68 (kategori baik) pada posttest. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Sinektik efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa SMP. Model ini mendorong kreativitas, memperkuat kemampuan berpikir divergen, dan membantu siswa menulis dengan struktur serta bahasa yang lebih baik.</p> <p><em>This study aims to analyze the effect of the Synectics learning model on students’ ability to write descriptive texts among seventh-grade students of SMP Negeri 35 Medan in the 2024/2025 academic year. The research employed a quantitative approach with a pre-experimental method using a One Group Pretest-Posttest Design. The sample consisted of 32 students selected randomly from a population of 350 seventh-grade students. Data were collected through descriptive writing tests administered before and after the implementation of the Synectics learning model. The assessment focused on text structure, content relevance, diction, spelling, and sentence fluency. Data were analyzed using a paired sample t-test with the aid of SPSS software. The results indicated a significant improvement in students’ writing performance after applying the Synectics model. The average pretest score of 63.43 (fair category) increased to 84.68 (good category) in the posttest. The paired sample t-test showed a significance value of 0.000 &lt; 0.05, confirming a significant difference before and after the treatment. It can be concluded that the Synectics learning model effectively enhances students’ descriptive writing skills by fostering creativity, divergent thinking, and the ability to compose texts with better structure and linguistic accuracy.</em></p> Lukman Daso, Trisnawati Hutagalung Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3765 Thu, 30 Oct 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 TANJUNGBALAI https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3750 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca puisi secara ekspresif dan tepat lafal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa tes membaca puisi yang dinilai berdasarkan aspek lafal, intonasi, ekspresi, dan penghayatan. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui signifikansi peningkatan kemampuan membaca puisi sebelum dan sesudah penerapan model Time Token. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca puisi siswa setelah diterapkan model Time Token. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest dan hasil uji-t yang menunjukkan nilai thitung &gt; ttabel pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai.</p> <p><em>This study aims to determine the effect of the Time Token learning model on students’ poetry reading ability in Grade X of SMA Negeri 7 Tanjungbalai. The background of this study is based on students’ low ability to read poetry expressively and correctly. The research employed a quantitative method using a pre-experimental one group pretest-posttest design. The subjects were 30 tenth-grade students of SMA Negeri 7 Tanjungbalai. The research instrument was a poetry reading test assessed based on pronunciation, intonation, expression, and appreciation aspects. Data were analyzed using the t-test to determine the significance of the improvement before and after applying the Time Token model. The results showed a significant increase in students’ poetry reading skills after the implementation of the Time Token learning model. This was evidenced by higher posttest scores compared to pretest and a calculated t-value greater than the t-table at a 0.05 significance level. Therefore, it can be concluded that the Time Token learning model has a positive effect on students’ poetry reading ability in Grade X of SMA Negeri 7 Tanjungbalai.</em></p> Nurul Fitri, Salmah Naelofaria Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3750 Thu, 30 Oct 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH PERMAINAN MOBILE LEGEND TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR: KAJIAN LITERATUR https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3744 <p>Fenomena meningkatnya penggunaan game online, khususnya Mobile Legend, di kalangan siswa sekolah dasar menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji literatur terkait pengaruh permainan Mobile Legend terhadap minat belajar matematika siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai artikel, jurnal, dan skripsi yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Mobile Legend memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa, baik positif maupun negatif. Dampak negatif lebih dominan, berupa penurunan konsentrasi, berkurangnya waktu belajar, dan melemahnya motivasi akademik. Namun, beberapa penelitian juga menemukan adanya sisi positif, seperti penguatan strategi berpikir, kerjasama, dan kemampuan memecahkan masalah. Sintesis literatur ini menekankan pentingnya peran guru dan orang tua dalam mengontrol intensitas bermain game, serta membuka peluang pemanfaatan Mobile Legend sebagai media pembelajaran berbasis teknologi.</p> <p>&nbsp;</p> Rifka Adriani Aswar, Usman Mulbar Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3744 Thu, 30 Oct 2025 00:00:00 +0000 PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3752 <p>Perkembangan teknologi digital menjadikan media sosial seperti TikTok dan Instagram tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sumber belajar bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan kedua platform tersebut sebagai sumber belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan lima subjek yang dipilih secara purposive. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa aktif menggunakan TikTok dan Instagram untuk mencari materi, tutorial, dan inspirasi akademik. TikTok disukai karena kontennya singkat dan visual, sedangkan Instagram dimanfaatkan untuk infografis dan informasi kampus. Kedua platform mendukung pembelajaran mandiri dan sesuai karakter generasi Z, meski masih menghadapi tantangan seperti distraksi dan validitas informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok dan Instagram efektif sebagai sumber belajar digital jika disertai literasi digital yang baik.</p> Marsyita Azzahra, Sella Mawarni Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3752 Thu, 30 Oct 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS ANGKATAN 2021 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3745 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa program studi pendidikan bisnis angkatan 2021 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Bisnis Angkatan 2021, dengan jumlah populasi sebanyak 70 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan berorganisai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa thitung&gt;ttabel yaitu 2.420&gt;1,996 dan nilai signifikan 0,018&lt;0,05. Demikian pula, disiplin belajar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja thitung&gt;ttabel yaitu 6,150&gt;1,996 dan nilai signifikan 0,000&lt;0,05. Secara simultan, juga menunjukkan kedua variabel memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesiapan kerja dengan nilai Fhitung&gt;Ftabel (36,955&gt;3,13) dan pada nilai signifikan α&lt;0,05 (0,00&lt;0,05). Temuan ini mengindikasi bahwa Keaktifan Berorganisasi dan Disiplin Belajar merupakan faktor penting yang secara empiris mampu memprediksi peningkatan kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Pendidika Bisnis. Oleh karena itu, disarankan agar program studi dan pihak Universitas memperkuat kebijakan yang mendorong partisipasi aktif mahasiswa dan menekankan pentingnya budaya disiplin belajar sebagai upaya strategis untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kesiapan kerja yang optimal di dunia industri.</p> <p><em>The study aimed to determine the influence of organizational activity and learning discipline on the job readiness of students in the Business Education Study Program, Class of 2021, Universitas Negeri Medan. This research employed a quantitative approach with a survey method. The population consisted of all 70 students from the Business Education Class of 2021. Multiple linear regression was used as the data analysis technique. The results show that organizational activity has a positive and significant influence on students' job readiness (tcount&gt;ttable, which is 2.420&gt;1.996, with a significance value of 0.018&lt;0.05). Similarly, learning discipline also has a positive and significant influence on job readiness (tcount&gt;ttable, which is 6.150&gt;1.996, with a significance value of 0.000&lt;0.05). Simultaneously, both variables significantly contribute to job readiness, indicated by the Fcount&gt;Ftable (36.955&gt;3.13) and a significance value of α&lt;0.05 (0.00&lt;0.05). These findings indicate that Organizational Activity and Learning Discipline are important factors that empirically predict an increase in the job readiness of Business Education Study Program students. Therefore, it is recommended that the study program and the University strengthen policies that encourage active student participation and emphasize the importance of a learning discipline culture as a strategic effort to produce graduates with optimal job readiness in the industry.</em></p> Amal Rejeki Dabutar, Ellys Siregar Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Inovasi Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/3745 Thu, 30 Oct 2025 00:00:00 +0000