IMPLEMENTASI MEDIA ULAR TANGGA DI SEKOLAH DASAR PAHLAWAN NASIONAL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Dilla Natasya Universitas Negeri Medan
  • Nur Fadilah Siregar Universitas Negeri Medan
  • Yuliskha Putri Universitas Negeri Medan
  • Shella Husna Maharani Universitas Negeri Medan
  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Media Visual, Pembalajaran, IPA

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sains di sekolah dasar. Guru yang jarang menggunakan media dalam kelas IPA di Sekolah Dasar adalah pendorong di balik proyek ini, karena mereka tidak siap menggunakan beberapa media yang akan digunakan. Selain itu, ketersediaan dan keadaan sumber belajar mempengaruhi bagaimana guru menggunakannya untuk pengajaran. Alat pengajaran yang digunakan guru untuk memudahkan pembelajaran adalah media pembelajaran. Media "-" adalah alat pembelajaran yang dibuat untuk pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Salah satu kebutuhan paling mendesak bagi pendidik adalah penggunaan media di kelas. Oleh karena itu, pendidik harus senantiasa memiliki pengetahuan tentang media yang digunakan dalam pendidikan. Namun, para pendidik sering kali beranggapan bahwa mengintegrasikan media ke dalam kelas adalah sebuah kerumitan yang menyita banyak waktu dan menyebabkan siswa kehilangan fokus karena mereka hanya memperhatikan media. Selain itu, media sering kali dipandang sebagai hiburan, sedangkan pendidikan dianggap serius. Jika dipahami dengan benar, belajar sebenarnya menyenangkan dan menyederhanakan pembelajaran topik-topik yang menantang. Tujuan artikel ini adalah untuk menegaskan kembali betapa pentingnya penggunaan media, khususnya media visual, dalam pendidikan sains sekolah dasar.

The aim of this research is to examine how learning media can be used to improve science learning outcomes in elementary schools. Teachers who rarely use media in elementary school science classes were the driving force behind this project, because they were not prepared for some of the media that would be used. In addition, the availability and condition of learning resources influences how teachers use them for teaching. The teaching tools used by teachers to facilitate learning are learning media. Media "-" is a learning tool created for science learning in elementary schools. One of the most pressing needs for educators is the use of media in the classroom. Therefore, educators must always have knowledge about the media used in education. However, educators often think that integrating media into the classroom is a hassle that takes up a lot of time and causes students to lose focus because they only pay attention to the media. Additionally, media is often viewed as entertainment, while education is taken seriously. If understood correctly, studying is actually fun and simplifies the learning of challenging topics. The purpose of this article is to reiterate how important the use of media, especially visual media, is in elementary school science education.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30