MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
Kata Kunci:
Manajemen, Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalisme GuruAbstrak
Penelitian ini menjelaskan bagaimana hambatan dan solusi perencanaan manajemen, pelaksanaan, evaluasi, dan supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pengelolaan, proses pelaksanaan, evaluasi, hambatan dan solusi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di SD Negeri 006 Sangatta Selatan. Secara metodologis, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data yang dilakukan dengan cara menyempurnakan, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari temuan penelitian. Dari hasil penelitian, rencana pengawasan dan pengelolaan kepala sekolah terhadap peningkatan kapasitas guru dilakukan oleh kepala sekolah dalam pengembangan kapasitas guru di SD Negeri 006 Sangata Selatan dan dilaksanakan oleh guru sekolah dalam jangka waktu tertentu, yaitu dalam waktu singkat. istilah. Rukoto telah ditunjukkan. Merupakan rencana program jangka menengah dan panjang yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru. Tim komite evaluasi dan observasi yang terdiri dari kepala sekolah dan guru senior dibentuk untuk mengevaluasi pengawasan dan pengelolaan kepala sekolah melalui kegiatan formal dan non formal, dan untuk meningkatkan kemampuan guru. Cobalah untuk meningkatkan. Kurangnya konsistensi pemerintah dalam melaksanakan kegiatan dan program keagamaan, serta kurangnya minat untuk berkolaborasi, menimbulkan hambatan dalam pengawasan dan kontrol kepala sekolah untuk meningkatkan kapasitas guru. Kurangnya sosialisasi mengenai kinerja siswa, kurangnya kesadaran orang tua terhadap motivasi belajar siswa.