PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBERLAKUAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN KOTA PAYAKUMBUH
Kata Kunci:
Persepsi guru, kurikulum merdekaAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Kota Payakumbuh, berdasarkan masalah yang peneliti dapatkan bahwa terdapat beberapa tanggapan yang berbeda dari narasumber dimasing-masing sekolah tersebut mengenai pemberlakuan kurikulum merdeka ini. Informasi-informasi yang diberikan dalam beberapa kali pelatihan, dirasa belum cukup bagi mereka untuk melaksanakan kurikulum merdeka untuk proses pelaksanaan maupun proses evaluasinya, dan materi yang terbilang banyak yang harus dituntaskan siswa dalam satu semester, hal tersebut menyebabkan hasil dari pembelajaran belum mecapai tujuan yang diharapkan dari kurikulum merdeka tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian ke lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Kuantitatif. Metode penelitian deskriptif kuantitatif adalah suatu metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dan hasilnya. Sampel pada penelitian ini adalah 3 SMAN yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka di Kota Payakumbuh dengan total jumlah 30 orang guru yang diambil secara random. Mengolah data penelitian menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru pada mata pelajaran informatika di SMAN Kota Payakumbuh terhadap pemberlakuan Kurikulum Merdeka secara keseluruhan sangat baik, dimana diperoleh 50,0% responden memilih sangat setuju, 47,7% responden memilih setuju, kemudian 3,3% responden yang memilih cukup setuju, selanjutnya 0% responden yang tidak setuju dengan pemberlakuan Kurikulum Merdeka tersebut, serta 0% responden sangat tidak setuju. Persepsi guru terhadap pemberlakuan Kurikulum Merdeka di SMAN Kota Payakumbuh secara keseluruhan menyatakan sangat setuju.