PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISTEM FULL DAY SCHOOL DAN SISTEM REGULER PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMA NEGERI KOTA PARIAMAN DAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Penulis

  • Rosi Lusnawati UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Khairuddin UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Riri Okra UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Sistem full day school, sistem reguler, hasil belajar, TIK

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Pariaman dan SMAN 1 Padang Sago, berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan Kepala Sekolah SMAN 4 Pariaman tentang pelaksanaan full day school yang telah berlangsung lebih dari satu tahun, Kepala Sekolah 4 Pariaman tersebut mengatakan bahwa hanya ± 29% siswa yang lulus KKM dari 28 siswa selama sistem full day school diterapkan di sekolah tersebut. Sedangkan hasil wawancara peneliti dengan kepala Sekolah SMAN 1 Padang Sago tentang sistem Reguler, Kepala sekolah tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan sistem reguler dapat meningkatkan hasil belajar siswa hanya saja dalam pelaksanaan sistem reguler pengontrolan pergaulan siswa tidak dapat terkontrol dengan baik oleh sekolah. Jenis penelitian ini adalah komparatif deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Komparatif disini yaitu penelitian yang membandingkan dua gejala atau lebih.Penelitian komparatif dapat berupa komparatif deskriptif (descriptive comparative) maupun komparatif korelasion (correlation comparative). Komparatif deskriptif membandingkan variabel yang sama dengan sampel yang berbeda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sistem full day school dan sistem reguler. Dimana nilai signifikannya 0,598 > 0,05. Berdasarkan hipotesis penelitian, nilai tersebut berarti Ho diterima Dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sistem full day school dan sistem regular.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31