PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP KATOLIK THOMAS AQUINO AMURANG
Kata Kunci:
Lingkungan Sosial Sekolah dan Prestasi Belajar SiswaAbstrak
Lingkungan Sosial sekolah tentunya memiliki peranan yang sangat penting bagi berlangsungnya suatu proses pembelajaran agar lebih efektif dan diharapkan mampu memberikan hasil yang baik dalam hal prestasi murid di sekolah. dalam Penelitian ini pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMP Katolik Santo Thomas Aquino Amurang. Pada responden dalam penelitian ini adalah siswa-siswa dari 10 kelas 7. Kelas 8 dan kelas 9. Dalam metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan nilai 5%. Sampel yang diteliti berjumlah 159 siswa-siswi dari populasi 170 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan jawaban alternatif Sangat Setuju (4), Setuju (3), Kurang Setuju (2), dan Tidak Setuju (1). Penelitian kuantitatif ini menggunakan analis regresi sederhana . Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini membuktikan dengan hasil yang diperoleh nilai F hitung sebesar 205.594 dengan tingkat signifikan lingkungan sosial sekolah sebesar 0,000 < 0,005, dengan besarnya korelasi atau hubungan sebesar 0.753 dan koefisien determinasi 56.7%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang rendah dan signifikan Lingkungan Sosial Sekolah terhadap Prestasi belajar Siswa. Lingkungan Sosial Sekolah dapat dikatakan memberikan pengaruh dan konstribusi bagi pengembangan bagi prestasi belajar siswa di SMP Katolik Santo Thomas Aquino Amurang.