MENAKLUKKAN MISTERI MAGNETISME MELALUI EKSPLORASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS V SD YAYASAN PENDIDIKAN NURUL HASANAH, BANDAR KHALIPAH
Kata Kunci:
Magnetisme, Pembelajaran Berbasis Proyek, Sekolah Dasar, KolaboratifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep magnetisme di kelas V SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah, Bandar Khalipah. Pendekatan ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif terlibat dalam eksplorasi mendalam terhadap fenomena magnetisme melalui proyek-proyek praktis dan kolaboratif. Partisipan penelitian adalah siswa kelas V yang terlibat dalam serangkaian kegiatan proyek, termasuk eksperimen, dan penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui metode observasi kelas, wawancara dan evaluasi proyek. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep magnetisme, serta tingkat keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran kolaboratif. Temuan ini memberikan bukti kuat akan keberhasilan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam mengajarkan konsep sains yang kompleks pada tingkat Sekolah Dasar, serta memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kurikulum sains di masa depan.