PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 KALIORANG

Penulis

  • Sri Wahyuni Universitas Mulawarman
  • Lusy Syintia Jati Universitas Mulawarman
  • Nurhasanah Universitas Mulawarman
  • Anita Triana Apriyanti Universitas Mulawarman
  • Warman Universitas Mulawarman

Kata Kunci:

Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstrak

Salah satu penunjang kemajuan dalam pendidikan adalah kinerja dan kualitas guru yang mengajar. Kinerja dan kualitas guru dalam mengajar dapat terlihat melalui suatu kegiatan yang disebut supervisi akademik. Dalam supervisi akademik ada proses pemantauan atau pengamatan dan pengawasan yang pada umumnya dilakukan oleh seorang kepala sekolah selaku pimpinan tertinggi dalam lingkup sekolah. Sehingga tujuan peneliti kali ini adalah menganalisis pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Smp Negeri 1 Kaliorang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan gambaran bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan, Kepala Sekolah SMP N 1 Kaliorang setiap semesternya melaksanakan supervisi akademik terhadap kinerja dan kualitas guru. Tahapan supervisi yang dilaksanakan dimulai dari tahap perencanaan. Setelah tahapan perencanaan selanjutnya pelaksanaan supervise dilakukan. Kategori yang dinilai pada  supervisi akademik antara lain supervisi perencanaan pembelajaran,  pelaksanaan pembelajaran guru dan supervisi proses penilaian pembelajaran. Dan proses terakhir dari supervisi yang dilaksanakan Kepala Sekolah adalah tahap evaluasi dengan melakukan  tindak lanjut dari supervise akademik tersebut. Dari hasil pengumpulan data melalui dokumentasi hasil penilaian terhadap proses pembelajaran guru yang telah dilakukan oleh kepala sekolah, diketahui bahwa 70% proses pembelajaran guru dalam kategori baik dimana indikator fokus perilaku yang dinilai sudah efektif, dan 30% proses pembelajaran guru dalam kategori cukup baik. Hasil ini menjelaskan bahwa seluruh guru di SMP Negeri 1 Kaliorang sudah melaksanakan proses pembelajaran dengan cukup baik sebagaimana hasil observasi pada kesiapan administrasinya. Setelah serangkaian kegiatan supervisi hingga pelaksanaan rencana tindaklanjut, terdapat perubahan positif yang tampak pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru di SMPN 1 Kaliorang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31