KARTU TEKA-TEKI KREATIF : MENGASAH KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA ANAK SD MELALUI TANTANGAN TEKA-TEKI YANG MENYENANGKAN

Penulis

  • Dilla Natasya Universitas Negeri Medan
  • Yuliskha Putri Universitas Negeri Medan
  • Nur Fadilah Siregar Universitas Negeri Medan
  • Marwah Afifah Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Talitha Ifthina Ariqa Universitas Negeri Medan
  • Sry Hafiza Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Alya Nabila Dalimunthe Universitas Negeri Medan
  • Fitriani Lubis Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia, Kartu, Teka-Teki

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana strategi pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar siswa kelas V di SD Yayasan Nurul Hasanah. Adapan rumusan masalah adalah bagaimana strategi pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar siswa kelas V di SD Yayasan Nurul Hasanah, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kosakata dengan permainan teka-teki bergambar siswa kelas V di SD Yayasan Nurul Hasanah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitaif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi pembelajaran kosakata mengggunakan permainan teka-teki bergambar yaitu : (1) Strategi yang digunakan guru yaitu guru menyiapkan alat seperti print out lembaran kertas, di dalam lembaran kertas tersebut berisikan gambar dan kolom untuk diisi, di awalan kolom terdapat awalan huruf. (2) Sebelum memulai permainan teka-teki bergambar tersebut guru menjelaskan terlebih dahulu supaya siswa dan siswi paham dan mengerti. (3) Guru membebaskan peserta didik untuk belajar sambil bermain supaya dalam peroses pembelajaran peserta didik tidak merasa bosan dan mudah memahami suatu pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31