UPAYA METODE REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 07 DURI KOSAMBI JAKARTA BARAT

Penulis

  • Rachel Chesia Natalia Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Mujazi Universitas Esa Unggul Jakarta

Kata Kunci:

Minat Belajar Matematika, Metode Realistik, Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Minat sangat besar pengaruhnya terhadap belajar siswa untuk memberikan perhatian lebih besar pada mata pelajaran matematika. Sehingga guru perlu merencanakan metode pengajaran matematika realistis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas 2 SD Negeri 07 Duri Kosambi Jakarta Barat. Dalam belajar matematika menggunakan metode pembelajaran realistik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Sedangkan prosedur pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi serta didukung teknik analisa data melalui reduksi data, penyajiandata, penarikan kesimpulan. Hasil observasi menggambarkan beberapa langkah guru SD Negeri 07 Duri Kosambi Jakarta Barat sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 2 terhadap matematika,dilakukan melalui proses pemahaman masalah berdasarkan realitas kehidupan sehari hari. Hal ini terkait dengan upaya-upaya guru dalam menilai minat para siswa terhadap pelajaran Matematika dan menyelesaikan masalah matematika secara mandiri. Peran guru SD Negeri 07 Duri Kosambi Jakarta Barat melihat ada faktor yang menghambat para siswa menerima metode tersebut karena adanya gangguan dari teman sekelas, Sedangkan faktor pendukung yang dapat membantu para siswa menerima metode realistik tersebut adalah suasana kelas yang nyaman untuk belajar. Guru aktif menunjukkan sikap interaktif serta memotivasi anak didiknya untuk dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal sehingga minat siswa meningkat dalam mengikuti pelajaran matematika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31