PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL-WASHLIYAH PARLAKITANGAN

Penulis

  • Nabelia Utami Manurung Universiatas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hendri Fauza Universiatas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Susanti Universiatas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pembelajaran Inkuiri, Media Pembelajaran, Infografis, IPS, Hasil Belajar

Abstrak

ABSTRAK

Menurut penelitian berjudul “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MTS Al-Washliyah Parlakitangan”. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS cukup rendah. Penelitian ini menunjukan bahwa guru tidak banyak inovasi dalam menggunakan model-model pembelajaran dan media belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri berbasis media infografis dan siswa yang hanya menggunakan pembelajan konversional, serta pengaruh yang signifikan dari penggunaan pembelajaran Inkuiri berbasis media Infografis pada proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis pendekatan quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTS Al- Washliyah Parlakitangan yang berjumlah 69 siswa. Sampel pada penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test dan SPSS Version 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dipengaruhi oleh pembelajaran inkuiri. pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata- rata sebesar 83,13 dan kelas kontrol sebesar 78,96. Hasil hipotesis menunjukan nilai adalah thitung 3.308 dan ttabel 2.015. Dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel yaitu 3.308 > 2.015. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf α = 0,05 yang artinya terdapat pengaruh sedang pembelajaran Inkuiri berbasis media Infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTS Al-Washliyah Parlakitangan. Studi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Inkuiri berbasis media Infografis dengan variabel tambahan.

ABTRACT

According to research entitled "The Effect of Inquiry Learning Based on Infographic Media on Student Learning Outcomes in Social Studies Subjects at MTS Al-Washliyah Parlakitangan". Student learning outcomes in social studies subjects are quite low. This research shows that teachers are not much innovative in using learning models and their learning media. The purpose of this study was to determine the social studies learning outcomes of students using inquiry learning based on infographic media and students who only use conventional learning, as well as the significant influence of the use of inquiry learning based on Infographic media on the teaching and learning process. This research is quantitative research, with a quasi-experimental approach. The population in this study were all VII grade students of MTS Al-Washliyah Parlakitangan, totalling 69 students. The samples in the study were class VII A as the experimental class and class VII B as the control class. Data collection methods using pre-test and post-test and SPSS Version 20. The results showed that student learning outcomes in social studies subjects were influenced by inquiry learning. in the experimental class, the average score was 83.13 and the control class was 78.96. The hypothesis results show the value is tcount 3.308 and ttable 2.015. By comparing the value of tcount with ttable, namely 3.308>2.015. Thus H0 is rejected and Ha is accepted at the level α = 0.05, which means that there is a moderate effect of inquiry learning based on Infographic media on student learning outcomes in social studies subjects at MTS Al-Washliyah Parlakitangan. This study can be used as a reference to determine the effect of Infographic media-based inquiry learning with additional variables.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31