PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS
Kata Kunci:
Pendidikan Inklusi, Masalah Sosial, Anak CacatAbstrak
Anak-anak penyandang cacat memiliki hak yang sama dengan anak- anak pada umumnya untuk mendapatkan pendidikan. Sayangnya, ketersediaan pendidikan yang memadai untuk anak berkebutuhan khusus tidak memadai dan setara. Karena penyediaan sekolah luar biasa hanya ada di kota-kota besar. Pendidikan inklusi datang sebagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah sosial anak penyandang cacat. Tujuan pembentukan sekolah inklusif adalah meminimalkan dampak yang ditimbulkan oleh sikap eksklusif. Sekolah inklusi juga memberi kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus dan kurang mampu menempuh pendidikan pascasarjana.
Children with disabilities have the same rights as children in general to get an education. Unfortunately, the availability of adequate education for children with special needs is inadequate and equitable. As the provision of extraordinary schools only exist in big cities. Inclusion education comes as an alternative solution to solve the social problems of children with disabilities. The purpose of establishing inclusive schools is to minimize the impacts caused by exclusive attitudes. Inclusion schools also provide opportunities for children with special needs and less able to graduate education.