HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN SELF CONFIDENCE DENGAN KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Waliyanti STKIP Singkawang
  • Mariyam STKIP Singkawang
  • Nindy Citroresmi Prihatiningtyas STKIP Singkawang

Kata Kunci:

Self regulated learning, Self Confidence, Kemampuan Generalisasi Matematis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan self regulated learning dan self confidence dengan kemampuan generalisasi matematis. Metode penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Singkawang yang berjumlah 24 siswa. Data diperoleh melalui instrumen tes kemampuan generalisasi matematis serta angket self regulated learning dan self confidence siswa. Materi yang digunakan pada tes kemampuan generalisasi yaitu materi bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat hubungan antara self regulated learning dengan kemampuan generalisasi matematis siswa diperoleh hasil koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,81 yang berada pada kategori hubungan sangat kuat dan koefisien determinasi sebesar 65,61%. 2) Terdapat hubungan antara self confidence dengan kemampuan generalisasi siswa sebesar diperoleh hasil koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,68 yang berada pada kategori hubungan kuat dan koefisien determinasi sebesar 46,24%. 3) Terdapat hubungan antara self regulated learning dan self confidence siswa diperoleh hasil koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,77 yang berada pada kategori hubungan kuat dan koefisien determinasi sebesar 59,29%.4) Terdapat hubungan antara self regulated learning dan self confidence dengan kemampuan generalisasi matematis siswa diperoleh hasil koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,8 yang berada pada kategori hubungan sangat kuat dan koefisien determinasi sebesar 64%. Jadi, dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara self regulated learning dan self confidence dengan kemampuan generalisasi matematis siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29