PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 38 PONTIANAK UTARA

Penulis

  • Yuliana Bunsu Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Kartono Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Dyoty Aulia Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura Pontianak

Kata Kunci:

Pengembangan, Lembar kerja Peserta Didik, Contextual Teaching and Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis pembelajaran contextual teaching and learning di kelas v sekolah dasar negeri 38 Pontianak Utara yang valid dan layak untuk pembelajaran tematik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dangan mengadaptasi model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry dan hanya menempuh 4 tahap penelitian yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementation. Tingkat validitas berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 96,3% kriteria sangat valid, ahli bahasa diperoleh persentase 99,2% kriteria sangat valid, dan ahli desain diperoleh persentase 95,8% kriteria sangat valid. Tingkat kelayakan berdasarkan hasil respon peserta didik kelompok kecil diperoleh pesersentase 97,1% kriteria sangat layak dan berdasarkan hasil respon peserta didik kelompok besar diperoleh persentase 96,4% kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29