PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SDN KEDOYA UTARA 03.

Penulis

  • Dewantri Sinaga Universitas Esa Unggul
  • Alberth Supriyanto Manurung Universitas Esa Unggul

Kata Kunci:

Metode Picture And Picture, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kedoya Utara 03 dengan jumlah siswa 30 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melalui dua siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap observasi, (4) tahap refleksi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika khusunya pada materi bangun datar melalui metode Picture and Picture. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan metode Picture and Picture dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan wali kelas IIIC. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi test dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Picture and Picture pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kedoya Utara 03. Hasil ini dapat dilihat pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 70,67 dan presentase ketuntasan yaitu 59,26%.  Sedangkan untuk hasil observasi pada siklus I, presentase rata-rata aktivitas siswa sebesar  71,5%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29