PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN TANJUNG DUREN SELATAN 05

Penulis

  • Halimah Tusyadiah Universitas Esa Unggul Jakarta
  • Harlinda Syofyan ersitas Esa Unggul Jakarta

Kata Kunci:

Mind Mapping, Hasil Belajar, IPA

Abstrak

Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mind map terhadap hasil belajar saintifik materi energi bunyi siswa sekolah dasar kelas IV, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak tersebut. Dalam penelitian ini penelitian kuantitatif dipadukan dengan jenis penelitian eksperimen yang sering disebut dengan penelitian kuasi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen semu, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Jenuh Sampling yang juga dianggap sebagai pengambilan sampel lengkap. Baik pre-test maupun post-test dilakukan dalam desain eksperimen ini. Sampel penelitian ini terdiri dari 27 siswa kelas IV A, yang ditempatkan pada kelas eksperimen atau kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV diperoleh data analisis sebagai berikut: Oleh karena itu, besarnya pengaruh variabel metode Mind Mapping terhadap hasil belajar sebesar 0,325%, sedangkan sisanya (100% - 325%). = 67,5%) dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak berhubungan dengan penelitian. Nilai signifikansi korelasi X dan Y sebesar 0,587 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000, kurang dari batas bawah signifikansi sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Nilai ttabel yang diperoleh sebesar 2,045. Pada tabel koefisien yang telah disajikan sebelumnya, uji t menghasilkan nilai thitung sebesar 15,854 lebih besar dari 2,045. Tingkat signifikansi 0,00 kurang dari 0,05. Oleh karena itu, hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya metode mind map (X) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar (Y).

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29